Bangun 30 Gerai, KFC Tambah Modal
Jawa pos
Sabtu 14 Januari 2012
Jakarta – Pemilik restoran cepat saji KFC, PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST), merevisi anggaran belanja modal dari semula Rp 300 miliar bertambah sedikit menjadi Rp 320 miliar. Ada gejala permintaan lebih tinggi sehingga perseroan butuh tambahan untuk kebutuhan ekspansi pada 2012.
Direktur FAST Justinus D. Juwonomengatakan, pihaknya akan menutupi capex tahun ini dari dana hasil penerbitan obligasi yang dilakukan tahun lalu. Dari aksi korporasi tersebut, memang didapat dana segar Rp 200 miliar dan kekurangannya dari dana kas internal. Hingga akhir september 2011, dana kas tercapai Rp 491,5 miliar.
Menurut Justinus, penambahan capex tersebut dilakukan seiring dengan perubahan jumlah gerai baru yang akan dibangun di tahun ini. Sebelumnya, FAST hanya berencana membangun 20 gerai baru. “sekarang kita akan membangun sekitar 25-30 gerai baru” ujarnya kemarin.
Gerai baru rencananya dibangun di beberapa kota besar di Jawa dan Sumatera. Dari sisi luas, setiap gerai akan dibangun diatas lahan sekitar 300 sampai 500 meter persegi. Meski begitu, belum dijelaskan detail investasi untuk setiap gerai tersebut.
Anggaran capex tersebut tidak seluruhnya digunakan untuk penambahan gerai. Ada anggaran untuk biaya renovasi gerai yang sudah ada. Hingga akhir 2011, FAST sudah memiliki 417 unit gerai.
Sebanyak 40 gerai dari jumlah tersebut merupakan gerai yang free standing. Sisanya gerai yang berada di pusat perbelanjaan. Namun, Justinus belum bisa menjelaskan jumlah gerai yang akan direnovasi pada tahun ini.
Justinus mengatakan bahwa FAST memang harus terus melakukan ekspansi guna mengikuti pertumbuhan industri makanan cepat saji. Hal ini disebabkan oleh peningkatan pendapatan masyarakat terutama dikalangan kelas menengah. “Kita memang harus ekspansi agar bisa menjangkau lebih banyak masyarakat.” Ungkapnya.
Karena itu, rencana ekspansi gerai tersebut diharapkan mampu menopang pertumbuhan kinerja keuangan persero. (gen/cl/kim)
PEMBAHASAN
Sekilas Tentang KFC
KFC | |
Industri | Restoran |
Didirikan | |
Kantor pusat | Louisville, Kentucky, Amerika Serikat |
Tokoh penting | Roger Eaton, Presiden |
KFC (dulu dikenal dengan nama Kentucky Fried Chicken) adalah suatu merek dagang waralaba dari Yum! Brands, Inc., yang bermarkas di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Didirikan oleh Col. Harland Sanders, KFC dikenal terutama karena ayam gorengnya, yang biasa disajikan dalam bucket.
Col. Sanders mulai menjual ayam gorengnya di pom bensin miliknya pada tahun 1939 di Corbin, Kentucky yang selanjutnya pindah ke sebuah motel. Ia menutup usahanya pada akhir 1940-an sewaktu jalan tol Interstate melalui kotanya. Pada awal 1950-an, ia mulai berkeliling Amerika Serikat dan bertemu dengan Pete Harman di Salt Lake City, Utah, dan pada tahun 1952 bersama-sama mendirikan restoran Kentucky Fried Chicken yang pertama di dunia (restoran pertamanya tidak menggunakan nama tersebut). Sanders menjual seluruh waralaba KFC pada tahun 1964 senilai 2 juta USD, yang sejak itu telah dijual kembali sebanyak tiga kali. Pemilik terakhir adalah PepsiCo, yang menggabungkannya ke dalam divisi perusahaan Tricon Global Restaurants yang sekarang dikenal sebagai Yum! Brands, Inc. Pada tahun 1997, Tricon terpisah dari PepsiCo.
Di Indonesia, pemegang hak waralaba tunggal KFC adalah PT. Fastfood Indonesia, Tbk (IDX: FAST) yang didirikan oleh Kelompok Usaha Gelael pada tahun 1978, dan terdaftar sebagai perusahaan publik sejak tahun 1994. Restoran KFC pertama di Indonesia dibuka pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta.
The Secret Recipe
Selama bertahun-tahun, Kolonel Harland Sanders membawa formula rahasia untuk Kentucky Fried Chicken di kepalanya dan campuran rempah-rempah di mobilnya. Hari ini, resep terkunci jauh di tempat yang aman di Louisville, Kentucky. Hanya segelintir orang yang tahu, dan masing-masing berkewajiban untuk kerahasiaan ketat oleh kontrak. Kolonel mengembangkan rumus kembali di tahun 1930-an ketika ia mengoperasikan Pengadilan Sanders & Cafe restoran dan motel di Corbin, Kentucky. Sana, perpaduan dari 11 bumbu dan rempah-rempah yang pertama kali dikembangkan pelanggan setia. "Pada masa itu, aku mencampur dengan tangan rempah-rempah seperti pencampuran semen pada lantai beton yg dibersihkan khusus di beranda belakang di Corbin," kenang Kolonel. "Aku menggunakan sendok untuk membuat terowongan dalam tepung dan kemudian dicampur dengan hati-hati dalam bumbu dan rempah-rempah."
Evolusi logo KFC
Pada April 2007, KFC meluncurkan logo mereka saat ini di mana Kolonel melepas jas putih untuk juru masak merah celemek. Logo baru termasuk warna lebih berani dan lebih baik didefinisikan wajah almarhum pendiri Kentucky Fried Chicken, yang akan menjaga dasi kupu-kupu hitam klasik, kacamata dan jenggot. Logo berubah hanya untuk keempat kalinya dalam 50 tahun, dan untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade. Kolonel yang tersenyum adalah fitur terhadap latar belakang merah yang cocok dengan celemek merahnya, dengan nama merek KFC di huruf tebal hitam di bawah dagu. Perusahaan juga mulai menggunakan sebutan aslinya Kentucky Fried Chicken lagi untuk kemasan, signage, dan iklan di Amerika Serikat sebagai bagian dari program branding-ulang perusahaan; restoran yang lebih baru dan direnovasi akan memiliki logo baru dan nama sementara toko-toko yang lebih tua akan terus menggunakan signage tahun 1991. Selain itu, perusahaan terus menggunakan singkatan KFC dengan bebas dalam iklan. Perusahaan internasional masih dikenal sebagai KFC.
Pada tahun 2006, KFC mengklaim telah membuat logo pertama yang terlihat dari luar angkasa, meskipun Readymix telah memiliki satu sejak tahun 1965.
KFC mengatakan "Itu menandai debut resmi besar-besaran ulang gambar global kampanye yang akan kontemporasi 14.000+ restoran KFC di lebih dari 80 negara selama beberapa tahun mendatang." Logo ini dibangun dari 65.000 kotak berukuran satu kaki persegi, dan butuh enam hari di lokasi untuk membangun pada awal November. Logo diukur memecahkan rekor 87.500 kaki persegi (8,129.0 m²), dan ditempatkan di Gurun Mojave di dekat Rachel, Nevada.
Dikaitkan dengan Y (Teknologi dan Penambahan Modal)
Hingga akhir tahun 2011, FAST sudah memiliki 417 unit gerai. Yang terdiri dari 40 gerai dari jumlah tersebut merupakan gerai yang free standing. Sisanya gerai yang berada di pusat perbelanjaan. Hal ini membuktikan bahwa penambahan modal yang dilakukan akan berdampak pada teknologi. Artinya adanya tambahan modal akan digunakan untuk memperbaiki lagi teknologi dalam penyajian di gerai-gerai KFC.
Buktinya Pada Tahun 2001,FI mulai membangun gerai KFC Kemang dengan konsep dan desain baru yang dijadikan flagship. Selain itu Tahun 2005, Fabian (Chief Operation Officer FI ) berharap merek KFC harus lebih mengena lagi ke anak muda, karena driving force di Indonesia adalah kawula muda. Namun ia harus melalui pertentangan dengan manajemen, selama dua tahun untuk menggodok dan meluncurkan label musik atas nama KFC Music Factory, dengan album pertama: Kompilasi Volume 1. Dia merangkul karyawan untuk mengedukasi pasar bahwa resto mereka bukan hanya menjual makanan, tetapi juga life style dan menjadi trendsetter. Dengan adanya musik dari KFC, maka setiap lagu diputar akan lebih mengingatkan pada merek ayam goreng itu. Tak dinyana, banyak pelanggan yang tertarik. Mula-mula hanya menjual 3-4 ribu CD per bulan, tetapi kini sudah merilis lebih dari 15 single dan rata-rata menjual 400 ribu CD saban bulan. Tidak berhenti di situ saja pada Tahun 2009 PT Fastfood Indonesia menandatangani kerja sama dengan PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) untuk memperkuat layanan pesan antar rumah (home delivery system) Kentucky Fried Chicken (KFC) di Jawa dan Sumatera. Melalui kerja sama tersebut, Lintasarta akan menyediakan jaringan komunikasi antarkantor regional besar KFC, menggunakan saluran Virtual Private Network (VPN) MultiService, dan jaringan komunikasi antartoko-nya lewat VPN Ezy HSDPA. Serta dilakukan penambahan jumlah gerai sekitar 25 sampai 30 gerai khususnya di pulau Jawa dan Sumatera.
Dengan perbaikan teknologi seperti penambahan gerai yang sifatnya beberapa diantaranya merupakan gerai Free Standing, maka hal ini diharapkan bahwa KFC mampu menjangkau lebih banyak lagi konsumen dan di harapkan bisa memudahkan konsumen dalam segi pelayanan. Maka Dengan adanya penambahan modal yakni awalnya Rp 300 miliar ditambah sedikit menjadi Rp 320 miliar maka diharapkan dapat lebih memajukan KFC. Sehingga KFC tetap mampu bersaing dengan industri-industri makanan cepat saji lain. Serta dapat menambah pemasukan keuangan perusahaan.
Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
VIVAnews.com edisi Selasa, 17 Februari 2009, 20:11
Kelompok 3:
1. Adi Putera Ramadhani 100404020098
2. Adya Gabriela P. 100404020055
3. Eka Aulia S.U 100404020069
4. Rina Wahyu Dwilah 100404020067
Tidak ada komentar:
Posting Komentar